Bukit Lintang vs Bukit Telang, Kalimantan Selatan | M Reza Faisal

reza

full-time(software-developer,lecturer); part-time(traveller, food-tester);

Bukit Lintang vs Bukit Telang, Kalimantan Selatan

Aug 4, 2016 by     1 Comment     Posted under: I am Experience

Bagi warga Kalimantan Selatan, terutama yang bertempat tinggal sekitaran Banjarmasin, Martapura atau Banjarbaru, nama kedua bukit ini pasti sudah sering didengar, yaitu Bukit Lintang dan Bukit Telang.

Kenapa? Karena ketika berada di kedua bukit ini, seperti memberikan tetesan air segar pada kedua bola mata (bukan tetesan Insto).

Kenapa? Karena pemandangan yang disajikan oleh kedua tempat ini mampu mengalahkan keindahan pemandangan-pemandangan daerah-daerah mancaranegara (halah … mulai lebai, tapi bukan hoax).

{Bukit Lintang vs Bukit Telang}

Mungkin bagi sebagian besar orang Bukit Lintang lebih terkenal dibandingkan dengan Bukit Telang, itu sebabnya kalau dilihat pada google map akan terlihat label “Pintu Masuk Bukit Lintang”.

blog01

Bukit Lintang atau Bukit Telang adalah pilihan, walaupun keduanya berdekatan. Tetapi untuk sebuah momen harus memilih ingin menikmati dari Bukit Lintang atau Bukit Telang.

blog02

Ini adalah penampakan Bukit Lintang yang dilihat dari puncak Bukit Telang.

blog03

Dan ini adalah penampakan Bukit Telang yang dilihat dari puncak Bukit Lintang.

Dengan melihat kedua gambar ini, kira-kira apakah sudah dapat memutuskan lebih suka naik ke Bukit Lintang dan melihat Bukit Telang, atau naik ke Bukit Telang untuk melihat Bukit Lintang? Kalau alasannya untuk melihat Bukit Lintang atau Bukit Telang maka itu adalah alasan yang salah. Dari dari kedua puncak bukit ini yang paling penting dilihat adalah ini “Bukit Misterius” ini :P

{Bukit Misterius}

Berikut adalah penampakan bukit tanpa nama ini dari puncak Bukit Lintang.

blog04

blog05

Dan ini adalah penampakan bukit tanpa nama ini dari puncak Bukit Telang.

blog06

Sering terjadi kemisteriusan lain jika melihat bukit tanpa nama tersebut dari puncak Bukit Telang, sebagai contoh adalah penampakan pengembara ini yang tiba-tiba terlihat menaiki puncak Bukit Telang (halah).

blog07

Dari Bukit Telang, lekukan bukit tanpa nama ini juga terlihat jelas, dan terlihat lebih indah.

blog08

Dari Bukit Telang, eksplorasi sudut bukit misterius ini dapat dilihat dari berbagai cara, sebagai contoh seperti gambar berikut ini.

blog09

Padahal sebenarnya gambar yang sama, cuma beda zoom doang. Ada hal lain, dari Bukit Telang kadang juga dapat dilihat penampakan para pemuda-pemuda yang loncat-loncatan atau mengibarkan bendara negeri ini.

blog10

atau ini …

blog11

Cukup sekian dulu perbandingan antara Bukit Lintang dan Bukit Telang.

{Lokasi}

Bagaimana mencapai kedua lokasi ini. Lokasi Bukit Lintang dan Bukit Telang adalah berdekatan. Cukup parkir di tempat yang sama, kemudian tinggal jalan kaki tetapi dengan arah yang berbeda. Yang pasti arahnya hanyar terpaut 90 derajat, bukan 360 derajat (kalau 360 derajat artinya kembali ke arah yang sama).

blog12

Jika dilihat dari peta, pintu masuk ke kedua bukit ini adalah dari jalan raya A. Yani yang berdekatan dengan Taman Labirin di Tanah Laut. Dari Bundaran Banjarbaru, mungkin diperlukan waktu sekitar kurang 1/2 jam ke lokasi pintu masuk ini.

Link berikut adalah ini adalah lokasi pinta masuk yang dapat dilihat pada Google Map: Lokasi Pintu Masuk Bukit Telang. Atau dapat juga dengan menggunakan koordinat berikut:

<Position>
  <LatitudeDegrees>-3.657204</LatitudeDegrees>
  <LongitudeDegrees>114.821047</LongitudeDegrees>
</Position>

 

Dari gambar di atas, dari pintu masuk perlu melakukan perjalan lagi ke lokasi Bukit Lintang dan Telang. Jarak yang ditempuh kira-kira 12 KM melewati perkebunan sawit yang luas…saya ulang…PERKEBUNAN SAWIT YANG LUAAAAS. Agar lebih mudah maka mungkin dapat menggunakan koordinat berikut ini untuk menuju parkiran kedua bukit ini.

<Position>
  <LatitudeDegrees>-3.708465</LatitudeDegrees>
  <LongitudeDegrees>114.744185</LongitudeDegrees>
</Position>

 

Apa tanda-tanda kalian sudah sampai di lokasi tersebut? Sangat gampang, jika kalian sudah bertemu warung maka artinya sudah sampai. Dari lokasi warung ini juga dapat dilihat sepenggal bukit misterius itu.

blog13

Bahkan ketika malam tiba, bukit tersebut masih dapat memberikan keindahannya, dengan latarbelakang bertabur bintang

blog14

{Pilih Mana?}

Sudah memutuskan mana yang akan dikunjungi terlebih dahulu? Bukit Lintang atau Bukit Telang?

Secara pribadi saya lebih suka Bukit Telang. Selain jalan menuju ke sana tidak semenanjak jalan ke Bukit Lintang, juga sepertinya pemandangan di Bukit Telang terlihat lebih luas karena tanpa halangan. Tidak seperti pemandangan di Bukit Lintang yang akan terhalang oleh Bukit Telang. Jalan menuju Bukit Telang pun tidak semembosankan jika dibandingkan jalan menuju Bukit Lintang. Seperti gambar berikut ini, jalan menuju ke Bukit Telang lebih hijau dan juga berliku landai, padahal kalau dihitung-hitung mungkin ketinggiannya sama dengan Bukit Lintang.

blog15

Dari puncak Bukit Telang ada beberapa pemandangan yang menarik, seperti gambar-gambar berikut ini.

blog16

Foto ini diambil sekitar pukul jam 7-8 pagi dari puncak Bukit Telang. Jadi lokasi Bukit Telang juga sangat bagus untuk melihat sunrise. Karena akan dapat dilihat momen matahari muncul dari ufuk timur dengan foreground lekukan-lekukan pengunan tersebut. Dan ketika sunset, sepertinya matahari akan turun dengan foreground Bukit Lintang, kebetulan saat sunset saya sedang berada di Bukit Lintang.

blog17

Ini masih pemandangan dari Bukit Telang. Dan sepertinya suatu saat harus kembali lagi ke Bukit Telang ini untuk mengabadikan momen sunrise.

{Penutup}

Seperti posting sebelumnya, pesannya adalah sama. Tolong keindahan ini dijaga dan jangan dirusak. Jika kalian melakukan kerusakan, membuang sampah dan hal-hal lain yang dapat merusak lokasi ni. Maka pria misterius ini tidak akan segan menghukum kalian.

blog18

Camkan itu … hehehe

1 Comment + Add Comment

  • warbiasahhh hasil jepretannya….memang benar2 suhu Mas Reza ini, saya juga sudah liat koleksi fotonya di Flickr, mantap2… Jujur saya belum pernah ke 2 Bukit itu heheh… Nanti kapan2 jika pas ke Banjarasin…

Got anything to say? Go ahead and leave a comment!

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Fotolia

Fotolia

ShutterStock


Fotolia
© 2013 eSevens
%d bloggers like this: