Kanazawa University : Memilih Asrama Mahasiswa Yang Cocok | M Reza Faisal

reza

full-time(software-developer,lecturer); part-time(traveller, food-tester);

Kanazawa University : Memilih Asrama Mahasiswa Yang Cocok

Oct 23, 2015 by     2 Comments    Posted under: I am Experience

Jika kebetulan diterima studi di Kanazawa University maka kemungkinan akan mendapat tawaran untuk tinggal di asrama kampus.

Sebagai informasi pendahuluan, kampus Kanazawa University terbagi menjadi 2 kampus yaitu kampus Kakuma (kuma = beruang, karena memang kadang ada penampakan beruang, jadi harap belajar untuk pura-pura mati jika bertemu dengan beruang) dan kampus Takara-machi Tsuruma seperti yang terlihat pada peta berikut.

blog02

Denger-denger jurusan kedokteran berada di kampus Takara-machi Tsuruma sedangkan pada kampus Kakuma dapat dilihat jurusan-jurusan seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.  Selain itu sepertinya pusat administrasi Kanazawa University berada di kampus Kakuma.

blog01

Jika kebetulan diterima di jurusan-jurusan yang berada di kampus Kakuma maka ada tiga asrama yang bisa dijadikan pilihan yaitu :

  • Sakigake.
  • Kokuryu Kaikan.
  • Morinosato Kaikan.

{Sakigake}

Bagi yang mahasiswa yang mengambil jurusan-jurusan yang berada di gedung-gedung pada area selatan maka asrama Sakigake bisa menjadi pilihan karena jaraknya yang sangat dekat dengan gedung-gedung tersebut.  Asrama Sakigake bertipe seperti rumah dengan 8 kamar tidur pribadi tetapi sharing ruang makan, kamar mandi dan wc.  Bagi yang tidak suka sendirian dan suka bersosialisasi dengan mahasiswa (ehem mahasiswi) dari berbagai negara maka asrama ini bisa menjadi pilihan, lumayan sebagai sarana untuk melatihan berkomunikasi dengan bahasa Inggris atau Jepang secara langsung (dan tiap hari).  Asrama ini tergolong baru sehingga nyaman untuk didiami.

Berikut ini beberapa penampakan asrama ini.

blog03

Penampakan kamar tidur pribadi.

blog04

dan berikut ini adalah penampakan ruang lain (sharing room/common room).

blog05

blog06

Dilihat dari peta memang asrama ini berada di ujung kampus, jarak dari asrama ke mesjid sekitar 2,5KM atau sekitar 30 menit jalan kaki (jika jalan sangat santai), jika berjalan sambil diikuti beruang maka mungkin cuma perlu waktu 20 menit.  Sedangkan untuk mencapai keramaian seperti AEON mall memerlukan jarak sekitar 4KM. Tapi jangan kawatir jika belum terbiasa jalan kaki maka ada bis yang setiap saat mengantar ke keramaian.

 

{Kokuryu Kaikan}

Lokasi asrama ini dapat dilihat pada gedung C11 pada peta di atas.  Berbeda dengan Sakigake, asrama ini cocok untuk yang suka privasi karena setiap mahasiswa yang tinggal di asrama ini akan memiliki ruang tidur pribadi, kamar mandi dan dapur pribadi serta beranda pribadi sehingga untuk tempat jemuran bahkan kulkas pribadi seperti yang terlihat pada gambar berikut.

blog07  blog08

blog09

image

blog10

Jarak antara asrama ini ke mesjid mungkin sekitar kurang dari 2KM dan berada di jantung kampus Kakuma.  Bagi yang suka keramaian mungkin harus keluar kamar dan menuju common room untuk bersosialisasi.

 

{Marinosato Kaikan}

Nah bagi yang suka nge-mall dan berada ditengah2 keramaian kota maka asrama ini bisa menjadi pilihan karena lokasinya cuma 500m ke mall AEON, sehingga sangat strategis untuk mencari diskon di mall ketika mall mau tutup. Jarak asrama ini ke mesjid pun sangat dekat, mungkin kurang 1 KM dan sepertinya aman dari bertemu dengan kuma :P

blog11

blog12

Nah karena belum pernah berkunjung ke asrama Morinosato ini maka belum ada cerita detail tentang asrama yang satu ini. Mungkin dilain kesempatan akan ditambahkan detail informasi dari asarama ini.

2 Comments + Add Comment

  • Bang harga housingnya perbulan berapa?
    Kl yg di takaramachi kisarannya berapa?
    Misal ..kita ambil yg single…tp keluarga sesekali dtg dari indo..apakah bisa kt bawa ke apato?
    Makasi gan

    • Apato single harga sekotar 28.000 sampai 34.000¥. Tergantung dg besar apato. Keluarga boleh nginap

Got anything to say? Go ahead and leave a comment!

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Fotolia

Fotolia

ShutterStock


Fotolia
© 2013 eSevens
%d bloggers like this: