Setup G++ Cygwin in Eclipse | M Reza Faisal

reza

full-time(software-developer,lecturer); part-time(traveller, food-tester);

Setup G++ Cygwin in Eclipse

Dec 7, 2015 by     No Comments    Posted under: I am Software Developer

Tulisan ini ada karena kebetulan sedang bekerja dengan C++ di lingkungan Cygwin.  Biasanya ngoding C++ masih menggunakan Notepad++, tetapi karena kebetulan ada teman yang ingin menggunakan Eclipse maka saya coba juga menggunakan Eclipse untuk menulis kode C++.  Oleh karena itu pada posting ini ditulis pengalaman agar bisa menggunakan Eclipse untuk menulis kode C++ yang sesuai dengan lingkungan Cygwin.

{Installasi}

Seperti biasa hal pertama yang perlu diinstall adalah Java SDK yang bisa diunduh di http://www.oracle.com/technetwork/java/javase/downloads/index.html. JDK yang diinstall adalah versi 8u66 (silakan pilih yang sesuai hati dan sesuai dengan versi yang diinginkan).  Setelah itu dilanjutkan dengan download Eclipse yang khusus untuk menulis kode C/C++ yaitu Eclipse IDE for C/C++ Developer di https://www.eclipse.org/downloads/.  Versi yang digunakan saat posting ini ditulis diunduh di http://www.eclipse.org/downloads/packages/eclipse-ide-cc-developers/mars1.  Setelah file arsip Eclipse didownload dan diekstrak maka tinggal melakukan eksekusi file eclipse.exe dan akan ditampilkan splashscreen seperti berikut.

blog01

Selanjutnya akan ditanya lokasi penyimpanan project seperti berikut.

blog02

Nilai Workspace pada window dialog di atas merupakan folder home dari user yang menggunakan pada Cygwin.

{Membuat Project}

Untuk membuat project maka cukup dilakukan dengan klik File > New > C++ Project dan akan ditampilkan window seperti berikut ini.

blog03

Dari gambar di atas dapat dilihat bahwa telah disediakan template project yang dapat digunakan untuk menulis kode C++ untuk lingkungan Cygwin.  Misalnya dibuat program kecil yaitu Hello World maka akan ditampilkan antarmuka seperti berikut.

blog04

Tetapi ada permasalahan ketika kode program dikompilasi, di-build atau di-run, akan ditampilkan pesan seperti gambar berikut.

blog05

Hal ini terjadi karena belum ditemukan kompiler C++ dari lingkungan Cygwin.

{Setup Environment}

Untuk menyelesaikan permasalahan di atas maka perlu dilakukan setup lingkungan pada Eclipse.  Langkah pertama adalah menampilkan window preference dengan memilih menu Window > Preferences.

blog06

Kemudian pilih C/C++ > New C/C++ Project Wizard > Makefile Project, kemudian pada tab Binary Parsers cek Cygwin PE Parser seperti yang terlihat pada gambar.

Selanjutnya pilih C/C++ > Build > Environtment kemudian klik tombol Add dan akan ditampilkan jendela seperti berikut, isikan nama variable yang diinginkan, pada gambar di bawah nama variable yang digunakan adalah CYGWING++ dengan nilai adalah folder binary pada lingkungan cygwin yaitu C:\cygwin\bin.

blog08

Setelah klik tombol OK maka dapat dilihat hasilnya seperti gambar di bawah ini.

blog07

{Build}

Selanjutnya adalah menguji coba untuk melakukan build atau kompilasi kode C++ yang telah ditulis, yaitu dengan cara klik kanan pada project HelloWorld yang telah dibuat, kemudian pilih Build Project jika tidak ada kesalahan maka hasilnya bisa dilihat pada folder Debug/HelloWorld.exe seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.

blog09

Untuk menjalannya bisa langsung masuk ke lingkungan Cygwin, kemudian pindah folder ke /home/faisal/latihan/HelloWorld/Debug dan kemudian ketik perintah berikut untuk menjalannya file HelloWorld.exe seperti pada gambar di bawah ini.

blog10

Selamat mencoba.

Got anything to say? Go ahead and leave a comment!

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Fotolia

Fotolia

ShutterStock


Fotolia
© 2013 eSevens
%d bloggers like this: