Windows Store : Rejeki Tambahan Untuk Software Developer | M Reza Faisal

reza

full-time(software-developer,lecturer); part-time(traveller, food-tester);

Windows Store : Rejeki Tambahan Untuk Software Developer

Nov 6, 2012 by     2 Comments    Posted under: I am Software Developer

Sengaja membuat judul posting yang “vulgar” seperti itu agar menarik perhatian untuk dibaca. Mungkin sudah banyak yang tahu, sekarang Microsoft mempunyai Windows Store sebagai pasar untuk aplikasi berbasis Metro Style … ups, maksudnya aplikasi Windows Store atau Windows 8 Style UI (Microsoft harus mengganti nama Metro Style setelah terbentur trademark dari pihak lain). Dan Windows Store juga dapat digunakan untuk menjual atau mepromosikan aplikasi dekstop pada Windows.

image

Seperti yang dapat dilihat pada gambar selain aplikasi Windows 8 Style UI juga terdapat Desktop App pada Windows Store ini.

{Statistik}

Sebelum berbicara tentang peluang, mari kita lihat dulu statistik penggunaan sistem operasi di dunia.

Menurut http://en.wikipedia.org/wiki/Usage_share_of_operating_systems, terhitung September 2012 maka berikut adalah perolehan data pengguna sistem operasi saat ini.

image

Terhitung masih “cukup” banyak pengguna sistem operasi dari Microsoft dari pengguna Windows 7, Windows Vista dan Windows XP (Whaaat!!!!???) dan pengguna Windows lainnya … hmm…curiga masih ada pengguna Windows 3.11.

Kemudian berikut adalah data statistik lain untuk melihat naik turunnya penggunaan OS.

image

Pengguna Windows 7 makin menaik, dan pengguna Vista dan XP makin menurun. Jangan pikirkan pengguna Vista dan XP akan beralih ke OSX atau Linux, terlalu kecil prosentasi mereka ke sistem operasi itu Smile with tongue out (siram minyak agar pengguna OS lain panas hihihi). Pengguna Vista dan XP tentu upgrade ke Windows 7 pastinya.

Statistik yang lain bisa dilihat di bawah ini.

image

Dan setelah Windows 8 tayang dipasaran tertanggal 26 Oktober 2012 kemaren, maka diharapkan ada berpegesen statistik lagi menuju Windows 8. Bayangkan jika nanti prosentasi Windows 7 tergantikan menjadi Windows 8. Hmm….artinya ada ada ratusan juta pengguna Windows 8 yang akan mempunyai akses ke Windows Store (#harapan).

{Windows Store}

Apa sih Windows Store? Mungkin masih belum banyak yang mengetahui apa itu Windows Store (karena belum banyak yang upgrade menjadi pengguna Windows 8).  Windows Store adalah pasar digital untuk mendistribusikan aplikasi berbasis Windows 8 Style UI (bisik bisik : Metro Style App) dan Desktop app. Dengan Windows Store, pengguna dapat melihat daftar aplikasi baik yang gratis dan berbayar dan juga dapat langsung mendownload atau membelinya. Jadi pengguna dapat dengan mudah mencari aplikasi yang diinginkan dengan fasilitas search yang telah disediakan. Atau pengguna dapat windows shopping (cuci mata di mall-nya Windows Store) melihat aplikasi-aplikasi apa yang baru, aplikasi-aplikasi yang lagi top/hit atau aplikasi-aplikasi apa yang sedang sale (diskon) Smile with tongue out

image

image

Selain itu jika kita sudah mempunyai aplikasi yang didownload dari Windows Store, maka kita akan sangat mudah mendapatkan informasi jika ada update. Pengguna akan mendapatkan notifikasi, dan kemudian langsung melakukan update. Gampang!!

Jadi tidak perlu lagi nyari taxi untuk ke Mangga Dua, Jakarta atau angkot ke Jl Ganesha dekat ITB untuk beli DVD aplikasi Open-mouthed smile

{Software Developer}

Dari statistik dan penjelasan dengan Windows Store di atas, maka ada 1 pertanyaan bagi Software Developer. Apa untungnya? Iya apa untungnya semua paparan tersebut untuk para Software Developer? Apa? Apa?

Untungnya cuma 1 yaitu Software Developer dapat membuat aplikasi kemudian mempublishnya ke Windows Store. Hanya itu. Jika aplikasinya gratis maka dan banyak yang download maka anda akan dapat nama tenar (sebut nama tenar biar postingnya rada dramatis). Tapi jika aplikasinya berbayar dan banyak yang download selain nama tenar juga dapat tambahan rejeki buat uang saku Open-mouthed smile

Sebut saja 1 aplikasi itu adalah Drug Guide Pro hasil dari salah satu developer hebat Adib Toriq (yang tentu saja dari Indonesia), aplikasi database obat-obatan ini sudah ada di Windows Store sejak tanggal 22 Oktober 2012, sebelum Windows 8 hadir untuk public di tanggal 26 Oktober 2012.  Dari statistik yang didapat di Dashboard Windows Store maka di dapat data kurang lebih 100 download, masih belum banyak memang.

image

Aplikasi Drug Guide Pro adalah aplikasi yang berbayar seharga $4,99. Sengaja memberikan harga seperti itu, untuk melihat reaksi pasar. Dan berikut adalah pendapatan dari aplikasi ini selama 2 minggu.

image

Angka yang lumayan untuk rejeki tambahan yang bisa di dapat dalam waktu 2 minggu.

Mari bermain angka lagi, jika saat ini :

  • 4 juta, user upgrade ke Windows 8 (dan semoga akan terus bertambah).
  • 127 pengguna yang mendownload Drug Guide Pro.
  • 23 pengguna yang membeli Drug Guide Pro.

Harapannya jika pengguna Windows 8 makin bertambah maka semakin banyak juga yang akan mendownload aplikasi ini.

Harapannya, dalam 1 bulan, aplikasi ini dapat mencapai angka pendapatan 2jt (agar bisa dicairkan…hehehe).

Bagi software yang tidak cukup dengan angka 2 juta dalam 1 bulan, maka angka tersebut dapat ditambah dengan cara menambah aplikasi di Windows Store. Misalkan seorang software developer mempunyai 5-10 aplikasi di Windows Store, maka secara optimis akan dimiliki pendapatan tambahan sekitar 10-20juta sebulan.

Belum puas dengan cara jualan aplikasi, Windows Store juga mendukung untuk In App Purchase, artinya dapat dilakukan transaksi penjualan item-item di dalam aplikasi. Contohnya, jika kita membuat game RPG maka di dalam game tersebut dapat dijual item-item seperti pedang, baju, dan barang-barang lain yang berhubungan dengan game tersebut. Hmm…cara lain untuk menambah penghasilan dari aplikasi yang dibuat bukan? Smile

So, jika anda optimis dengan aplikasi yang ada buat, lebih baik jual dan jangan berharap terlalu banyak dari iklan. Jual dan pikirkan cara untuk membuat traksaksi In App Purchase. Open-mouthed smile

{Penutup}

Di atas hanya gambaran optimis dari Windows Store. Karena jumlah download dan jumlah pembelian selain tergantung dari jumlah orang yang lalu-lalang di Windows Store, juga sangat dipengaruhi oleh kebutuhan orang tersebut. Mereka tentu saja akan mendownload aplikasi yang menarik dan yang mereka butuhkan. Oleh karena itu, mumpung Windows Store masih baru maka ini jadi kesempatan untuk membuat aplikasi bagus agar dilirik, didownload dan dibeli oleh pengguna.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam mempublish aplikasi ke store (store mana pun) :

  • fungsi, biasanya pengguna akan mencari aplikasi yang fungsinya sesuai kebutuhan.
  • UI dan UX, aplikasi yang menarik tentu saja yang User Interface dan User eXperience yang menawan.
  • nama, sebaiknya gunakan nama aplikasi yang sesuai dengan keyword yang sering digunakan dalam pencarian. Memang kita bisa menambahkan keyword yang digunakan pada aplikasi saat aplikasi dipublish.
  • try & buy, jika aplikasi anda adalah aplikasi yang berbayar maka usahakan ada fasilias try. Sehingga pengguna dapat mencoba aplikasi anda terlebih dahulu sebelum membeli.
  • harga, memang harga jadi pertimbangan pengguna untuk membeli. tapi jangan takut dg harga yang ditawarkan, kalau memang bagus pasti ada saja pengguna yang membeli.

Selamat mencoba! Dan jangan lupa untuk mencoba Drug Guid Pro. Open-mouthed smile

2 Comments + Add Comment

  • Zupper!!

  • hmm,… mantap artikelnya

Got anything to say? Go ahead and leave a comment!

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Fotolia

Fotolia

ShutterStock


Fotolia
© 2013 eSevens
%d bloggers like this: