reza

full-time(software-developer,lecturer); part-time(traveller, food-tester);

Mudah Membuat Visualisasi Data Positif dan Kematian Akibat COVID-19 dengan Power BI #StayAtHome

Apr 13, 2020 by     No Comments    Posted under: I am Software Developer

Sejak awal tahun topik COVID-19 (coronavirus disease 2019) menjadi pemberitaan utama hampir disemua kanal berita. Nah karena belum ada obat atau vaksin untuk virus ini maka caranya adalah memutus rantai penularannya yaitu dengan Stay At Home (#StayAtHome) atau Work From Home (#WorkFromHome). Untuk mengisi waktu selama #StayAtHome maka maka bisa belajar mengolah data COVID-19 ini dengan menggunakan data-data public yang tersedia dan dapat diakses secara bebas. Salah satu sumber data yang bisa diakses adalah dari https://ourworldindata.org/coronavirus-source-data. Data berupa file CSV yang dapat dibuat oleh MS Excel.

Sebelum memulai maka terlebih dahulu bisa didownload Power BI dari link berikut https://www.microsoft.com/en-us/download/details.aspx?id=58494. File installer berukuran kurang lebih 290MB. Dan setelah diinstall maka akan menghabiskan space HD sekitar 1,3GB. Jika drive C tersisa sedikit maka lokasi installasi dapat ditentukan pada drive yang mempunyai space cukup.

Setelah instalasi selesai maka dapat mengunduh materi Hands on Labs yang terdiri atas 3 file, yaitu:

Hasil akhir dari hands on labs ini dapat dilihat pada gambar di bawah ini.

hol-01

Jika ingin melihat file Power BI dari langkah-langkah yang diberikan pada file-file PDF di atas dapat mengunduh file CoronaVirusReport-ver3.pbix.

Repository belajar Power BI akan disimpan pada link GitHub berikut ini https://github.com/rezafaisal/PowerBI.

Silakan dimanfaatkan.

Got anything to say? Go ahead and leave a comment!

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Fotolia

Fotolia

ShutterStock


Fotolia
© 2013 eSevens
%d bloggers like this: