Kyodai, cara mudah dan cepat mengirim uang dari Jepang

Ketika sedang kerja atau sekolah di negara lain semisal Jepang, terkadang ada keperluan untuk mengirim uang ke rekening di dalam negeri semisal Indonesia. Karena kebetulan sedang berada di Jepang, maka rasa itu juga ada (bukan rasa yang pernah ada atau rasa ingin memiliki, tetapi rasa ingin transfer uang ke rekening di Indonesia). Ada beberapa alasan kenapa harus melakukan transfer ke rekening di Indonesia, yaitu:

  • Bayar utang ke orang untuk beli YEN sebelum berangkat ke Jepang.
  • Buat menabung ke rekening di bank Indonesia karena duitnya bisa nambah (karena bunga/bagi hasil atau apapun itu istilahnya). Sebagai informasi, bank di Jepang itu lebih “syariah” walaupun mereka tidak pernah memberikan label itu. Di Jepang tidak pengenal istilah bung/bagi hasil jadi jangan harap ada penambahan uang yang disimpan di bank. Selain itu di sini juga tidak mengenal istilah biaya administrasi jadi uang di bank tidak akan berkurang.

Setelah lebih sebulan di sini maka saya mulai mencari cara yang paling mudah dan cepat (serta kalau perlu yang murah) untuk bisa mengirim uang ke rekening di Indonesia. Ada beberapa alternatif yang sudah dilirik:

  • Transfer via bank, tapi denger-denger cara ini perlu biaya yang besar, dan males berkomunikasi dengan pihak bank (karena belum fasih bahasa jepang).
  • Transfer via Western Union, lagi-lagi ini perlu melakukan komunikasi dengan bahasa Jepang.
  • Skrill (https://www.skrill.com), kalau lihat-lihat blog orang tentang ini sepertinya menjanjikan untuk dilakukan tetapi sayangnya setelah register, saya mentok untuk melakukan validasi rekening saya dengan bank di Jepang.

Dan setelah beberapa saat, saya mendengar kabar ada teman yang mengirim uang menggunakan jasa Kyodai (http://kyodairemittance.com/). Denger-denger caranya sangat mudah yaitu dengan melakukan setor tunai di ATM dengan menggunakan kartu Kyodai dan dalam 3 jam maka uang sudah sampai ke rekening tujuan di Indonesia.

{Registrasi}

Cara paling mudah untuk melakukan registrasi adalah dengan cara mengirim email ke bahasa@kyodai.co.jp dengan isi untuk meminta form registrasi. Anda dapat meminta lebih dari 1 form registrasi, siapa tahu ada teman yang membutuhkannya juga. Cukup memberikan data pribadi seperti nama dan alamat, maka sekitar 4 hari form registrasi yang diminta akan sampai ke alamat di Jepang. Ada 3 hal penting yang harus diperhatikan dari kiriman dari Kyodai tersebut yaitu:

  • Form agreement yang cara pengisiannya bisa dilihat di sini https://www.youtube.com/watch?v=iay9JOeUYf8, form ini berfungsi untuk registrasi data anda sebagai pengirim.
  • Form penerima uang yang cara pengisiannya bisa dilihat di sini https://www.youtube.com/watch?v=9NYzvHYSx7g. Form ini berfungsi sebagai data rekening bank di Indonesia.
  • Amplop untuk mengirimkan kedua form tersebut ditambah syarat-syarat lainnya seperti foto kopi resident card, foto kopi paspor dan foto kopi visa.

IMG_1518

Mudah bukan, tidak perlu ada biaya apapun untuk registrasi. Bahkan sudah disediakan amplop balasan untuk mengirim berkas yang bebas biaya prangko.

Sebagai informasi, seorang pengirim dapat memiliki maksimal 3 kartu Kyodai artinya pengirim dapat mengirimkan uang ke 3 rekening berbeda di dalam negeri (1 kartu Kyodai untuk 1 rekening).

{Proses}

Selanjutnya adalah menunggu, tidak perlu lama-lama untuk menunggu proses pembuatan kartu Kyodai. Hanya diperlukan waktu lebih kurang (bukan kurang lebih) seminggu. Maka kartu Kyodai sudah sampai ke alamat.

{Pengujian}

Seperti halnya dalam proses pembangunan software yang terlihat pada gambar model waterfall di bawah ini, maka sebelum software digunakan untuk melakukan “tugas berat” maka perlu dilakukan pengujian untuk melakukan “tugas ringan” terlebih dahulu dalam fase Testing.

blog01

Maka saya mencoba untuk melakuan pengiriman uang dalam jumlah yang tidak besar agar proses testing tidak terlalu berisiko. Untuk melakukan pengiriman uang dengan menggunakan kartu Kyodai cukup mengikuti cara berikut ini. Seperti terlihat digambar, ATM yang dapat digunakan adalah ATM JP Bank.

IMG_1461

Inti dari gambar itu adalah:

  • Masukkan karty Kyodai.
  • Masukkan uang.
  • Mesin nanti akan menghitung jumlah uang yang akan dikirim dan akan melakukan konfirmasi jumlah uang yang akan dikirimkan.
  • Tekan tombol konfirmasi persetujuan.
  • Selesai.

Mudah bukan, bahkan kita tidak perlu mengisi nomer rekening bank Indonesia. Setelah proses tersebut dilakukan maka beberapa saat kemudian akan ada pemberitahuan via email dan sms tentang aktivitas pengiriman uang ini. Dan lebih kurang 3 jam maka uang tadi sudah masuk ke rekening di bank Indonesia. Berikut adalah bukti keberhasilan dari pengujian pengiriman uang sebesar 10.000 Yen (ingat akan ada biaya jasa untuk Kyodai dan biaya untuk JP Bank sebagai pemilik jaringan ATM).

IMG_1496

Mudah bukan? :)

 

Noted:

Sebagai informasi, setiap hari akan ada email dari Kyodai yang memberitahukan nilai tukar YEN-RUPIAH. Sehingga dapat direncanakan untuk mengirim uang dengan nilai tukar yang bagus Smile with tongue out

51 thoughts on “Kyodai, cara mudah dan cepat mengirim uang dari Jepang”

  1. paling mudah dan paling murah via paypal ;). Jd om buka akun paypal jepang dan paypal indo. Nanti transfer dari paypal jepang ke paypal indo trus withdraw ;). Cukup ribet tapi hanya butuh 5 menit antar paypal. Paypal indo ke rek bank indo 2-3 hari ;)

      1. maaf euy, paypal saya bukan japan, tapi indonesia. intinya sih paypal bisa dibuat dengan informasi negara mana saja, dan akan bisa digunakan dimanapun juga.

    1. tergantung besar yg di transfer:
      < 10.000yen = 990yen 10.000-30.000yen = 1300yen 30.000-50.000yen = 1500yen 50.000-1jutayen = 2000yen

  2. Jadwal pengiriman ny gmn mas?misalkan saya transfer dibhari sabtu ato minggu,sampe indonesia nya kpn apa ttp bth 3 jam?

    1. sabtu saya pernah coba kirim dan juga 3 jam. kalau hari minggu belum pernah kirim. yang peting jangan pas hari libur besar jepang.

  3. Mas reza..kmrm suamiku mau kirim uang tp kok katanya gak bisa, katanya gak ada tulisan deposit nya..saya juga kurang ngerti..barang kali mas ngerti..itu kenapa ya? trims

    1. kalau kirim uang di jepang via ATM harus diperhatikan jamnya. biasanya lewat jam 6 sore, menu deposit di ATM akan hilang. jadi usahakan kirimnya sebelum jam 6 sore :)

  4. mas, klo terlanjur kirim uang nih indonesia ke jepang pakai no rekening yg di kartu Kyodai itu, bisakah? kalau bisa, ada carakah buat mengambil uang itu kalau kartu Kyodai hilang?

    1. kartu kyodai hilang kan ga masalah mbak. karena kartu itu ga menyimpan uang dan ngga bisa mengambi uang. kartu itu cuma bisa mengirim uang ke rekening yg kita daftarkan. dan cara pengiriman uangnya harus kita lakukan sendiri ke atm dengan setor tunai.

      1. Mas kyodai itu sama kaya bank seperti itu bukan? Terus kalau dari jepang transfer melalui kyodai ke rekening mandiri/BCA itu ada potongannya gak? Kalau ada biasa nyah berapa yh dalam bentuk rupiah?

        1. sudah daftar kyodai mbak? kalau sudah ntar dikasih tahu jumlah biayanya. tergantung jumlah yg dikirimkan. dan dalam yen

  5. Mas mau tanya kalau pengiriman dari kyodai pada saat libur panjang contohnya golden week apa pengiriman uangnya akan tertunda atau tetap seperti biasa? Tolong d jwb ya mas

    1. iya akan tertunda, ada pengumumannya dari kyodai soal libur golden week. karena sepertinya pengiriman uang itu tidak otomatis tapi dilakukan secara “manual” oleh pegawai kyodai.

  6. Biasanya tertundanya berapa hari itu mas? Soalnya saya ada pengiriman hari ini dari jepang tapi belum sampai juga katanya karna golden week.. Golden week kan hampir seminggu apa selama seminggu uang kita ga akan sampai?

    1. hari senin dan selasa kan ngga libur mbak. jadi mestinya senin sudah terkirim. liburnya pas tanggal merah hari besar saja :)

    1. kirimnya harus pakai yen, karena duitnya dimasukkan ke atm japan post. jadi atm japan pos hanya kenal duit yen saja :)

  7. Dear mas Reza, saya ingin bertanya. Bagaimana jika saya kirim ke akun BNI saya yang internet banking aktif (saya bawa ke Jepang tokennya), apakah kemudian saya bisa kirim misal ke rekening BRI saudara saya di Indonesia tanpa biaya tambahan (selain biaya transfer antar BNI dan BRI) ?

    Terima kasih

  8. Dear mas reza, bagaimana jika saya transfer dr kyodai ke rekening BNI saya yg sudah aktif internet bankingnya dan saya mebawa tokennya ke Jepang, apakah kemudian saya bisa transfer ke misal rek BRI saudara saya yang di Indonesia tanpa biaya tambahan (selain biaya transfer antar BNI ke BRI).

    Terima kasi

  9. Kalau dari jepang pake kyodai neransfer ke bank mandi atau BCA itu potongannya berapa yah?dalam bentuk rupiah

  10. kalo kiriman pertama setelah kartu kyodai jadi berapa lama sampainya ya ke bank bri? dicoba kirim tanggal 29 sep 2017 sudah 4 hari belum sampai juga

    1. biasanya di hari yg sama. tapi tergantung jam kirimnya. kebetulan saya tidak menggunakan BRI. Saya menggunakan BNI dan BCA.

  11. kalau pakai kyodai dengan penerima yg lama 3 jam sudah sampai bri juga. ini buat kyodai baru dengan nama penerima baru kok lama ya prosesnya, ada saran?

  12. Cuman mau bilang terima kasih banyak uda sharing informasi ini… : ) langsung browsing, telpon, dan mo ke branchnya hari ini juga.

    Have a nice weekend!

    1. wah saya ga tau tentang 7bank. kyoudai beda dg 7bank mungkin, karena kyoudai bukan bank. dia cuma layanan untuk kirim uang, bukan simpan uang.

  13. Mas Reza, ini x pertama saya dapat kiriman dari jepang menggunakan kyodai remittance, bisa diambil di bank mana ya di indonesia?

  14. Saya baru pertama kirim tapi dah 3 jam lebih ko blm ada email masuk,, mhn pemberitahuannya terima kasih

  15. Saudara sy mengirimkan sy uang,tetapi mengapa belum masuk ke rekening sampai saat ini? Dan bagaimana Cara mengeceknya?

  16. Selamat pagi mas reza

    Aku Daniel, sales properti rumah dicikarang.

    Saya butuh pencerahan Bu, saya ada customer mau ambil rumah dengan cara bayar Cash Keras.

    Istri orang Indonesia, suami orang Jepang dan tinggal di Jepang.

    Beliau (suami orang Jepang) mau mengirimkan uang 1.2M-an (dalam bentuk mata uang Yen) untuk pembayaran rumah (ada tempo 1 bulan dari developer untuk tanggal jatuh tempo)

    Mohon pencerahannya Bu, bagaimana caranya customer saya bisa kirim uang dari negara Jepang ke Indonesia, karena saat ini ada peraturan baru mengenai transfer uang di negara Jepang.

    Terima kasih ibu mas reza

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.