Iklas … katanya … | M Reza Faisal

reza

full-time(software-developer,lecturer); part-time(traveller, food-tester);

Iklas … katanya …

Feb 1, 2013 by     1 Comment     Posted under: I am Seven

Jumat, 1 Februari 2013.

Kata ustad yang berbicara di mimbar Jumat hari ini, bahwa iklas itu harus memenuhi 3 sarat. Kata harus, artinya ketiganya harus terpenuhi. Syaratnya adalah :

{Iklas harus ada ilmunya}

Bicara tentang ilmu tentunya panduannya adalah Al Qur’an. Jadi amal yang kita lakukan harus merujuk Al Qur’an sebagai buku manual hidup.

Misal, ketika seseorang mengambil duri/paku yang ada di jalan, dan alasannya adalah karena dia pernah mendengar ustad bilang kalau di Al Qur’an disebutkan melaukan hal seperti itu termasuk sedeqah. Nah …. poin 1 terpenuhi. Melakukan sesuatu karena ada ilmunya.

 

{Iklas harus ada keyakinan}

Walaupun mungkin tidak masuk logika pikiran manusia. Selema itu adalah perintahNYA dan walaupun mungkin tidak masuk logika pikiran manusia, maka kerjakan. Salah satu contohnya saat peristiwa perintah qurban dimana Nabi Ibrahim mendapat perintah menyembelih anaknya Ismail.

 

{Iklash harus mengikuti sunah Rasulullah}

Jangan melakukan amalan yang tidak diajarkan oleh Nabi Muhammad, walaupun pikiran manusia menganggap itu baik dan tidak ada salahnya dilakukan. Kata ustad tadi, jangan sampai kita diusir Nabi Muhammad ketika akan masuk surga, gara-gara kita melakukan sesuatu yang tidak dilakukan beliau.

 

Sengaja ditulis dalam posting blog, agar penulis selalu ingat. Aamiin.

1 Comment + Add Comment

  • subahanallah,,, ikhlas itu indah yak

Got anything to say? Go ahead and leave a comment!

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Fotolia

Fotolia

ShutterStock


Fotolia
© 2013 eSevens
%d bloggers like this: