R Tool for Visual Studio | M Reza Faisal

reza

full-time(software-developer,lecturer); part-time(traveller, food-tester);

R Tool for Visual Studio

May 13, 2016 by     No Comments    Posted under: I am Software Developer

Jika anda lelah dan bosan dengan RGui atau RStudio dan ingin kembali bersama Visual Studio tapi tetap ingin bekerja dengan R maka R Tool for Visual Studio jawabannya :)

{Installasi}

Untuk menggunakan R Tool for Visual Studio tentu saja telah terinstall Visual Studio di komputer yang digunakan, kemudian dapat langsung mengunjungi ke link https://www.visualstudio.com/en-us/features/rtvs-vs.aspx untuk mengunduh install tool ini.

r01

Hanya diperlukan ruang hardisk sebesar 7MB untuk menggunakan tool ini, jadi tidak perlu waktu lama untuk menyelesaikan proses installasi dan melihat status windows seperti berikut ini.

r02

Setelah proses installasi selesai, kita juga akan diantarkan ke halaman dokumentasi berikut ini http://microsoft.github.io/RTVS-docs/installer.html dan juga dapat mengunjungi halaman lain yang berisi source code dan informasi terkait dengan R Tool ini.

 

{Hello World of R}

Untuk memeriksa proses installasi berhasil, maka kita dapat langsung menjalan Visual Studio dan membuat sebuah project baru.  Maka pada window New Project akan dapat dilihat template R berikut ini.

r03

Jangan ragu apalagi takut, segera tuliskan nama project yang diinginkan kemudian klik tombol OK. Selanjutnya akan dapat dilihat antarmuka seperti berikut. Seperti biasa pada area sebelah kanan dapat dilihat area Solution Explorer yang berisi file-file pada project.

r04

(klik gambar untuk melihat ukuran yang lebih besar)

Kemudian pada kiri atas dapat dilihat area editor yang dapat digunakan jika kita ingin mengetik kode R dalam file script berekstensi *.R.  Kemudian di bawah area editor dapat dilihat R Interactive yang merupakan command prompt untuk menulis kode dan fungsi R seperti yang biasa kita temui pada RGui atau RStudio.  Sebagai contoh dapat dilihat pada gambar di bawah ini.

r05

Seperti halnya RStudio (bukan RGui), R Interactive juga mempunyai kemampuan yang membantu kita untuk meng-“auto-complete” kode atau mungkin lebih dikenal dengan InstelliSense yang ditulis seperti contoh pada gambar di bawah ini.

r06

Dan fitur ini lebih canggih dibanding dengan yang dimiliki oleh RStudio, karena selain auto-complete juga memberikan bantuan dari fungsi yang sedang ditulis, dari bantuan guna dari fungsi tersebut dan juga parameter-parameter apa yang digunakan pada fungsi tersebut. #cakep

r07

Kedua fitur tersebut juga berjalan sempurna pada area editor script R, dan seperti halnya RGui dan RStudio juga tersedia tombol “Run In Interactive” yang berguna untuk menjalankan baris pada file *.R pada area R Interactive.

r08

Bagaimana dengan plot dan grafik? Hal tersebut juga berjalan baik pada R Tool ini dan juga fitur lainnya seperti fungsi View yang berguna untuk menampilkan data dengan antarmuka seperti sheet pada Excel.

r10

Selain itu juga disediakan fitur lain seperti history (fitur ini juga dapat ditemui pada RGui dan RStudio), kemudian fitur Variable Explorer dan Debugger. Fungsi-fungsi lainnya bisa dicek langsung pada link https://www.visualstudio.com/en-us/features/rtvs-vs.aspx ini.

Nah lumayan keren kan. Silakan gunakan jika ingin menulis kode R dengan rasa berbeda dengan Visual Studio Smile

Got anything to say? Go ahead and leave a comment!

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Fotolia

Fotolia

ShutterStock


Fotolia
© 2013 eSevens
%d bloggers like this: