Welcome ASP.NET Core 1.0 | M Reza Faisal

reza

full-time(software-developer,lecturer); part-time(traveller, food-tester);

Welcome ASP.NET Core 1.0

Jan 20, 2016 by     No Comments    Posted under: I am Software Developer

Hari ini 20 Januari 2016, telah diumumkan tentang “kematian” ASP.NET 5, yes ASP.ET is dead! :) Atau lebih tepatnya ASP.NET 5 melakan reboot “nama” menjadi ASP.NET Core 1.0. Hal ini sesuai dengan pernyataan Mr Hanselman di post blog berikut ini http://www.hanselman.com/blog/ASPNET5IsDeadIntroducingASPNETCore10AndNETCore10.aspx.

Di posting tersebut ada beberapa teknologi lain yang berganti nama yaitu:

  1. .NET Core 5 is now .NET Core 1.0.
  2. Entity Framework 7 is now Entity Framework Core 1.0 or EF Core 1.0 colloquially.

Alasan dilakukan “reboot” menjadi 1.0 adalah karena seluruh konsep .NET Core adalah baru.  Oleh karena itu mungkin tidak semua fitur yang ada di .NET 4.6 akan bisa ditemukan di versi 1.0 ini.  Begitu juga pada ASP.NET Core 1.0, pada versi ini hanya bahasa C# saja yang dapat digunakan dan untuk sementara VB dan F# belum bisa digunakan.  Selain itu framework yang tersedia adalah MVC dan Web API, dan tidak ada SignalR dan Web Pages.

Selain itu ada perbedaan lain antara .NET dan ASP.NET Core 1.0 jika dibandingkan dengan versi 4.6 yaitu sifatnya menjadi OSS, ini kabar gembira bagi yang suka berkontribusi kode :)

.NET Core 1.0

 

{source: http://www.hanselman.com}

Dari penjelasan itu tinggal kita sendiri mau memilih yang mana dan untuk keperluan apa. Jika memang kebutuhannya adalah untuk membuat aplikasi real dan digunakan secara serius atau kalau aplikasi yang dibangun memerlukan fitur seperti SignalR maka mungkin saat ini bisa memilih .NET & ASP.NET 4.6 terlebih dahulu. Tetapi jika fitur-fitur itu tidak dibutuhkan atau membuat aplikasi hanya untuk belajar dan menjajal kemampuan versi 1.0 maka .NET dan ASP.NET Core 1.0 bisa menjadi pilihan.

Untuk mengikuti perkembangan .NET dan ASP.NET Core 1.0 maka bisa berkunjung ke https://get.asp.net/.

Got anything to say? Go ahead and leave a comment!

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Fotolia

Fotolia

ShutterStock


Fotolia
© 2013 eSevens
%d bloggers like this: