Ada Apa Pada Visual Studio 2015? | M Reza Faisal

reza

full-time(software-developer,lecturer); part-time(traveller, food-tester);

Ada Apa Pada Visual Studio 2015?

Jul 21, 2015 by     No Comments    Posted under: I am Software Developer

Akhirnya Visual Studio 2015 RTM telah diumumkan untuk public dan bagi MSDN Subscriber telah dapat mengunduhnya di portal MSDN. Tapi seperti biasanya bagi sebagian orang sudah dapat mengunduh Visual Studio 2015 RTM ini sebelum hari ini :P

Bagi yang berniat untuk segera move on dari Visual Studio 2015 mungkin posting ini bisa memberikan sedikit informasi tentang hal-hal baru apa saja yang bisa dilihat secara langsung oleh mata, selain itu hal-hal apa saja yang perlu dipersiapkan jika ingin menginstall Visual Studio 2015.

{Unduh!}

Langkah pertama, tentu saja harus mengunduh installer Visual Studio 2015. VS 2015 Enterprise sebesar 3,9GB berbeda tipis dengan VS2015 Professional sebesar 3,8GB. Jadi bersiapkan space sebesar paling tidak 5GB (hanya untuk) menyimpan hasil pengunduhan.  Dan juga persiapkan bandwidth internet yang lumayan agar tidak terlalu lama menunggu sampai file ini selesai diunduh.

msdn01

{Installasi!}

Setelah selesai pengunduhan maka dilanjutkan proses installasi, di sini sudah dapat dilihat kira-kira beberapa hal baru yang akan ditemu di VS2015.  Space yang diperlukan untuk installasi basic fitur VS2015 sekitar 9-10GB dan jika menginstall “seluruh fitur” maka akan diperlukan space HD sekitar 25-30GB.

msdn02

msdn03

msdn04

Dari gambar di atas ada beberapa hal yang bisa diketahui yaitu :

  • Bahasa pemrograman “utama” di VS2015 ini adalah C#, VB.NET dan Javascript, karena hanya bahasa pemrograman C++, F# dan Python yang bisa ditentukan oleh user untuk dipilih atau tidak.
  • Selain Windows Phone, pada VS2015 memungkinkan untuk mengembangkan aplikasi mobile pada platform lain dengan menggunakan “tool” Xamarin atau Apache Cordova. Terlihat di gambar di atas, Visual Studio mempunyai “keluarga” baru yaitu Xamarin untuk membantu developer mengembangkan aplikasi mobile pada platform Android dan iOS. Sedangkan untuk “menulis” kode programnya hanya bisa menggunakan bahasa pemrograman C# dan “sedikit support” dari C++.
  • Pada gambar terlihat tanda [3rd Party], bila ada “fitur” yang memiliki tanda tersebut maka artinya saat installasi akan diperlukan file-file tambahan yang harus diunduh saat proses installasi dilakukan. Jadi pastikan untuk memiliki koneksi internet yang cepat dan gratis (eh). Karena untuk fitur “tool” Xamarin maka akan diunduh tool-tool lain seperti Android Native Development Kit, Android SDK, Java SE Development Kit dan lain-lain yang besarnya bisa mencapai 5GB bahkan lebih. Belum lagi jika memilih fitur Apache Cordova. Pilihan [3rd Party] ini yang membuat space yang diperlukan bisa mencapai 25-30GB jika semua [3rd Party] dipilih.

Setelah mengetahui hal-hal baru yang akan diinstall, space HD yang harus dipersiapkan, dan sudah memiliki koneksi internet yang cepat dan gratis, maka silakan lakukan installasi :)

{Jalankan!}

Setelah proses installasi berhasil, silakan untuk menjalankan VS2015 untuk pertama kali. Kemudian dapat melihat “sedikit” kemampuan VS2015 dengan melihat “kemampuannya” jika dilihat dari template project yang dimilikinya. Dengan melihat template project yang tersedia maka dapat dilihat “kemampuan” VS2015 untuk membangun aplikasi apa saja.

msdn05

Pilihan untuk menginstall “tool” Xamarin membuat VS2015 memiliki kelompok template project Android dan iOS tidak ketinggalan template Mobile Apps.  Sedangkan untuk melihat “kemampuan” setelah menginstall “tool” Apache Cordova mungkin bisa melihat kedalam kelompok template bahasa Javascript atau TypeScript.

Kejutan lain yang diberikan VS2015 dapat dilihat pada gambar di bawah ini. Ada “kejutan” untuk para game developer karena di VS2015 menyediakan support untuk Cocos untuk memudahkan pembuatan game 2D dan juga Unity yang memudahkan developer mengembangkan game 3D.

msdn06

Jika ingin menggunakan salah satu atau keduanya maka cukup klik Install Cocos atau Install Unity harap harus disadari diperlukan space sekitar 5GB untuk Unity (saja) jika belum ada Unity terinstall pada komputer. Jika sudah sebelumnya sudah ada terinstall Unity, maka cukup diperlukan space sekitar 35MB untuk tool pada VS2015.

Selamat mencoba.

Posting berikutnya hanya akan membahas VS2015 dalam pengembangan aplikasi web #tertib.

Got anything to say? Go ahead and leave a comment!

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Fotolia

Fotolia

ShutterStock


Fotolia
© 2013 eSevens
%d bloggers like this: