Where is Web Site Administration Tool in VS2013 ? | M Reza Faisal

reza

full-time(software-developer,lecturer); part-time(traveller, food-tester);

Where is Web Site Administration Tool in VS2013 ?

Jan 3, 2014 by     No Comments    Posted under: I am Software Developer

Sebagai informasi awal, Web Site Administration Tool adalah tool berupa halaman website yang dapat digunakan untuk mengelola user, role dan access rule dari web site yang dibangun dengan mengimplementasikan “fitur” Membership yang dimiliki oleh ASP.NET untuk mengelola hal-hal tersebut. “Fitur” ini akan memudahkan kita dalam mengelola user, role bahkan menu yang akan ditampilkan sesuai dengan role dari user yang sedang login.  Dengan “fitur” ini kita tidak perlu pusing untuk membuat tabel-tabel untuk menyimpan data user dan role, karena hal tersebut sudah disediakan. Untuk lebih detail tentang hal ini bisa membaca ebook Seri Belajar ASP.NET : Membangun Sistem Pengelolaan User.

Sedangkan Web Site Administration Tool ini biasanya digunakan developer untuk membuat setting awal untuk access rule dan pembuatan role dan user di awal pengembangan aplikasi web dengan ASP.NET.  Dapat dilihat tampilan tool tersebut seperti gambar di bawah ini.

Sebelumnya pernah diposting topik “Where is Web Site Administration Tool in VS2012?”, pada posting tersebut dijelaskan ada perbedaan cara akses tool ini antara Visual Studio 2012 dengan Visual Studio versi sebelumnya. Pada VS 2010 dapat dilihat cara akses tool ini dengan cara seperti gambar berikut :

Bagaimana dengan Visual Studio 2013? Sayangnya cara akses tool ini tidak tersedia di VS 2013.  Tetapi bukan berarti halaman Web Site Administration Tool tidak dapat diakses lagi, yang tidak ada hanyalah tidak tersedianya cara akses halaman ini secara mudah di Visual Studio 2013 seperti pada VS versi sebelumnya.

Untuk mengakses Web Site Administration Tool ini masih bisa dilakukan dengan cara seperti berikut :

Langkah Pertama, buka Command Prompt.

blog1

Kemudian ketik perintah berikut ini :

“C:\Program Files\IIS Express\iisexpress.exe” /path:c:\windows\Microsoft.NET\Framework\v4.0.30319\ASP.NETWebAdminFiles /vpath:”/asp.netwebadminfiles” /port:8089 /clr:4.0 /ntlm

Untuk port yang digunakan pada perintah di atas adalah 8089, dan nilai tersebut dapat anda ubah sesuai keinginan (asal tidak menggunakan port yang sudah digunakan pada sistem anda). Jika perintah tersebut berhasil dilakukan pada dapat dilihat seperti gambar di bawah ini.

blog2

Langkah kedua, selanjutnya tinggal buka web browser, kemudian ketikkan baris berikut ini pada address bar :

http://localhost:8089/asp.netwebadminfiles/default.aspx?applicationPhysicalPath=[appPath]&applicationUrl=/

Yang diperhatikan dari alamat tersebut adalah port yang digunakan pada “domain” localhost harus sesuai dengan port yang sudah kita daftarkan pada perintah di command prompt.  Sedangkan appPath juga harus diubah sesuai dengan lokasi folder/direktori project web. Sebagai contoh adalah sebagai berikut :

http://localhost:8089/asp.netwebadminfiles/default.aspx?applicationPhysicalPath=D:\Data\Projects\ASP\XBRLReport.Web&applicationUrl=/

Dan hasilnya akan dapat dilihat tampilan seperti berikut pada web browser :

blog3

Dan berhasil, sekarang kita sudah dapat melihat kembali Web Site Administration Tool.

Semoga pada update Visual Studio 2013 kedepannya, fitur untuk mempermudah akses tool ini bisa kembali ada.

Got anything to say? Go ahead and leave a comment!

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Fotolia

Fotolia

ShutterStock


Fotolia
© 2013 eSevens
%d bloggers like this: