Which one .NET Core SDK should I use? | M Reza Faisal

reza

full-time(software-developer,lecturer); part-time(traveller, food-tester);

Which one .NET Core SDK should I use?

Feb 21, 2017 by     No Comments    Posted under: I am Software Developer

Mungkin suatu saat ada project yang telah ada enggan untuk dijalankan dengan perintah “dotnet run” atau dijalankan via Visual Studio Code.  Atau bahkan tidak perintah “dotnet restore” pun tidak berhasil memberikan pesan error berikut.

MSBUILD : error MSB1003: Specify a project or solution file. The current working directory does not contain a project or solution file.

 

Selain itu juga didapati pesan-pesan yang menyatakan tidak ditemui file konfigurasi project.  Tetapi hal ini tidak terjadi pada project yang baru saja dibuat.  Nah jika hal itu terjadi artinya yang salah bukan pada project, tetapi ada pada hal lain.

01

Perintah “dotnet” adalah bagian dari .NET Core SDK, sehingga kemungkinan masalah di atas disebabkan oleh tidak cocoknya project tersebut dengan .NET Core SDK yang digunakan.  Untuk mengetahui versi .NET Core SDK yang digunakan dapat digunakan perintah berikut.

dotnet --info

 

Keluaran dari perintah tersebut dapat dilihat pada gambar di atas.  Pada keluaran di atas dapat dilihat versi SDK yang digunakan adalah “1.0.0-rc4-004771”.  Atau dapat pula dilihat pada daftar software yang diinstall pada Control Panel > Programs and Features.

02

Pada daftar dapat dilihat jika digunakan Microsoft .NET Core 1.0.3 – SDK RC 4 sebagai SDK terbaru.  Sebagaimana yang diketahui jika SDK versi ini tidak membaca file project.json lagi, tetapi file lain yaitu *.csproj.  Sehingga ketika perintah “dotnet” dijalankan pada project lama yang masih menggunakan file konfigurasi project.json maka akan terjadi error, karena perintah tersebut mencari file *.csproj.

Jika masih ingin digunakan project-project lama yang masih menggunakan file konfigurasi project.json, maka terpaksa untuk sementara Microsoft .NET Core 1.0.3 – SDK RC 4 ini harus diuninstall terlebih dahulu.  Setelah SDK ini diuninstall maka dapat dilihat project lama kembali normal untuk dijalankan baik dengan perintah “dotnet run” ataupun via Visual Studio Code.

03

Semoga informasi ini bermanfaat.

Got anything to say? Go ahead and leave a comment!

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Fotolia

Fotolia

ShutterStock


Fotolia
© 2013 eSevens
%d bloggers like this: