Running Linux Ubuntu 15 Server on Hyper-V Windows 10 | M Reza Faisal

reza

full-time(software-developer,lecturer); part-time(traveller, food-tester);

Running Linux Ubuntu 15 Server on Hyper-V Windows 10

Apr 13, 2016 by     No Comments    Posted under: I am Software Developer

Karena ada kebutuhan menggunakan Linux Ubuntu tetapi malas punya dual boot selain Mac OSX dan Windows 10, maka cukup memanfaatkan Hyper-V pada Windows 10 untuk menginstall dan menjalankan Linux Ubuntu dengan langkah yang ringkas dan mudah.

Untuk itu terlebih dahulu perlu diunduh source ISO Linux Ubuntu yang dibutuhkan, di sini saya menggunakan Linux Ubuntu 15 Server yaitu ubuntu-15.10-server-amd64.iso.  Kemudian klik kanan pada file tersebut dan pilih “mount” maka akan dapat dilihat akan muncul drive E seperti pada gambar di bawah ini.

{Mounting ISO}

blog03

 

{Mengaktifkan Hyper-V}

Langkah selanjutnya adalah memastikan fitur Hyper-V telah diaktifkan pada “Turn Windows feature on or off” seperti pada gambar di bawah ini.

blog01

 

{Membuat Virtual Machine}

Kemudian menjalankan Hyper-V Manager kemudian klik New dan pilih Virtual Machine.

blog02

Kemudian akan ditampilkan window seperti berikut ini.

blog04

Dan klik tombol Next. Pada window selanjutnya berikan nama virtual machine yang diingikan pada kolom Name dan jika ingin menentukan lokasi penyimpanan maka centang checkbox “Store the virtual machine in a different location” kemudian klik Browse dan tentukan folder yang diingikan.

blog05

Kemudian klik Finish untuk mempercepat proses pembuatan virtual machine. Maka pada Hyper-V Manager akan dapat dilihat tambahan virtual machine seperti pada gambar di bawah ini.

blog06

 

{Instalasi Linux Ubuntu}

Klik double pada Linux Ubuntu 15 Server yang berada dalam daftar Virtual Machines. Kemudian akan dapat dilihat windows seperti pada gambar berikut ini.

blog07

Kemudian pilih menu Media > DVD Drive > Capture E:, sebagaimana diketahui drive E adalah lokasi mounting file ISO Linux Ubuntu yang telah saya lakukan di awal. Kemudian klik tombol Start (tombol warna hijau).

blog08

Dan dapat dilihat akan dilakukan proses booting ke DVD untuk proses installasi. Nah selanjutnya silakan lakukan proses installasi seperti proses installasi Linux Ubuntu pada umumnya.

blog09

{Sudah lama tidak menggunakan nama ini untuk server Smile with tongue out}

blog10

Setelah proses installasi selesai maka pada menu pilih Media > DVD Drive > Release E dan akan dilanjutkan proses reboot sistem pada virtual machine. Dan screen login seperti gambar berikut ini.

blog11

 

{Setting Network}

Agar virtual machine yang telah dibuat dapat melakukan koneksi ke jaringan atau internet maka terlebih dahulu perlu dilakukan setting network.  Langkah pertama adalah dengan mengklik Virtual Switch Manager pada area Action pada window Hyper-V Manager.

blog12

Kemudian pada window Virtual Switch Manager, pilih External pada kolom What type of virtual switch do you want to create?

blog13

Opsi External dipilih agar virtual machine dapat melakukan koneksi jaringan atau internet seperti layaknya komputer fisik yang terkoneksi dengan jaringan fisik. Setelah virtual switch dibuat maka kembali ke window Hyper-V Manager.  Pada area Virtual Machine pilih Linux Ubuntu 15 Server kemudian klik tombol Setting seperti pada gambar.

blog15

Kemudian pada window Setting pilih Network Adapter dan kemudian pada opsi Virtual Switch pilih nama virtual switch yang baru saja dibuat.

blog16

Kemudian klik tombol OK.

Selanjutnya adalah setting network pada Linux Ubuntu. Karena kebetulan di sini menggunakan dhcp untuk koneksi jaringan, maka pada terminal cukup mengetikan perintah: sudo dhclient eth0.

blog17

Dan kemudian dapat dilihat statusnya dengan mengetik perintah : sudo ip addr

Dan pada gambar dapat dilihat dilakukan pengujian jaringan dengan mengakses www.yahoo.com dengan perintah ping.

Selanjutnya dapat juga dilakukan uji coba perintah : sudo apt-get update.

Perintah ini bertujuan untuk mengupdate paket-paket yang ada di sistem. Setelah itu juga dapat dilakukan uji coba untuk menginstall perintah mc dengan perintah berikut:

sudo apt-get install mc

blog01

Dan berikut adalah tampilan setelah dilakukan eksekusi perintah mc.

blog02

Selamat mencoba!

Got anything to say? Go ahead and leave a comment!

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Fotolia

Fotolia

ShutterStock


Fotolia
© 2013 eSevens
%d bloggers like this: