Bahasa pemrograman apa yang sebaiknya dipelajari lebih dahulu? | M Reza Faisal

reza

full-time(software-developer,lecturer); part-time(traveller, food-tester);

Bahasa pemrograman apa yang sebaiknya dipelajari lebih dahulu?

Feb 11, 2016 by     No Comments    Posted under: I am Software Developer

Ini adalah pertanyaan yang sering ditanyakan oleh sebagian orang ketika ingin belajar pemrograman. Menurut saya bahasa pemrograman itu seperti senjata, jadi keampuhannya akan sangat tergantung dengan pemegang senjatanya. Semisal bahasa pemrograman itu adalah kamera, maka bagus tidaknya foto juga sangat tergantung kemampuan pemegang kamera untuk menggunakan fitur-fitur yang dimiliki kamera itu dan kemampuan untuk mengambil sudut, komposisi dan setting kamera yang harus digunakan.

Begitu juga dalam pemrograman, kemampuan individu programmer adalah yang utama. Kemampuan bagus tidaknya programmer tersebut dalam menulis program atau membangun software sangat dipengaruhi oleh penguasaan algoritma dan logika untuk memecahkan masalah.  Jika kemampuan ini telah dimiliki oleh seorang programmer, maka dengan mudah dia akan bisa menggunakan bahasa pemrograman apapun. Karena bahasa pemrograman seperti tool atau perangkat untuk bekerja, seperti kamera yang digunakan fotografer, atau seperti cangkul yang digunakan petani.

Untuk mengasah kemampuan algoritma ini maka bisa langsung terjun dengan cara belajar sambil praktek untuk membuat aplikasi-aplikasi kecil sampai membuat aplikasi yang rumit. Agar lebih semangat maka sebaiknya dapat membangun jenis aplikasi yang disenangi, apakah ingin membuat aplikasi web, aplikasi mobile, game, aplikasi desktop atau aplikasi yang berkaitan dengan hardware.  Di sini maka pemilihan bahasa pemrograman diperlukan.  Di bawah ini adalah paparan beberapa bahasa pemrograman yang tersedia dan banyak digunakan saat ini.

blog01

{Python}

blog02

blog03

blog04

 

{Java}

blog05

blog06

blog07

 

{C}

blog08

blog09

blog10

 

{C++}

blog11

blog12

blog13

 

{Javascript}

blog14

blog15

blog16

 

{C#}

blog17

blog18

blog19

 

{Ruby}

blog20

blog21

blog22

 

{PHP}

blog23

blog24

blog25

 

{Objective-C}

blog26

blog27

blog28

 

{Penutup}

Setelah mengetahui paparan beberapa bahasa pemrograman di atas, maka tinggal dipilih tipe aplikasi atau software apa yang ingin dibangun. Gambar di bawah ini mungkin bisa membantu untuk menentukan hal tersebut.

blog29

Selain itu juga pemilihan bahasa pemrograman dapat dilihat dari tingkat kesulitan untuk mempelajarinya atau dari tingkat permintaan pasar.  Gambar di bawah ini dapat memberikan pencerahan tentang hal ini.

blog30

Kemudian gambar berikut mengelompokkan bahasa pemrograman dalam tabel periodik.

blog31

Setiap warna dijelaskan oleh keterangan berikut ini.

blog32

Nah dari gambar dan paparan di atas, maka selanjutnya terserah anda untuk memilih mana yang di-SUKAI :)

{sumber: websitehub.com}

Got anything to say? Go ahead and leave a comment!

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Fotolia

Fotolia

ShutterStock


Fotolia
© 2013 eSevens
%d bloggers like this: