ASP.NET Core Application, Kestrel Web Server & IIS | M Reza Faisal

reza

full-time(software-developer,lecturer); part-time(traveller, food-tester);

ASP.NET Core Application, Kestrel Web Server & IIS

Jan 22, 2017 by     No Comments    Posted under: I am Software Developer

Sebelum dikenal ASP.NET Core, telah dikenal beberapa framework aplikasi web yang dikembangkan oleh Microsoft, yaitu:

  • ASP Classic.
  • ASP.NET Web Form.
  • ASP.NET MVC.

Ketiganya memerlukan web server untuk bisa diakses.  Satu-satunya web server yang saat itu dikembangkan oleh Microsoft adalah Internet Information Service (IIS).

 

{ASP dan ASP.NET dengan IIS}

Gambar di bawah ini adalah cara kerja ASP.NET versi sebelumnya. Aplikasi web ASP.NET versi sebelumnya dideploy pada web server Internet Information Services (IIS). Yang mana setiap aplikasi web akan dikelola oleh application pool. Application pool akan menjalankan aplikasi web ASP.NET tersebut.

01

Jika client ingin mengakses ASP.NET Application 1 maka proses yang terjadi adalah:

  • Client melakukan request ke IIS sebagai web server.
  • Request dikirim ke application pool tempat ASP.NET Application 1 berada.
  • Response diberikan oleh ASP.NET Application 1.

Tetapi karena IIS adalah web server yang hanya tersedia pada sistem operasi MS Windows, maka aplikasi web ASP.NET versi sebelumnya hanya dapat dijalankan pada sistem operasi MS Windows juga

 

{ASP.NET Core dengan Web Server Kestrel & IIS}

Aplikasi ASP.NET Core bukanlah aplikasi web. Aplikasi ASP.NET Core adalah aplikasi standalone console (http://www.rezafaisal.net/?p=3077) yang dipanggil oleh perintah runtime dotnet. Selanjutnya akan dijalankan web server Kestrel yang akan melakukan response dari request client via jalur HTTP.

02

Web server Kestrel merupakan bagian dari runtime ASP.NET Core yang jalan dijalankan pada berbagai platform seperti MS Windows, Linux dan Mac OSX. Hal ini membuat aplikasi ASP.NET Core juga bersifat multiplatform.

Walau aplikasi ASP.NET Core menggunakan web server Kestrel, aplikasi ini juga tetap dapat berkolaborasi dengan web server IIS dengan skema seperti pada gambar di bawah ini.

03

AspNetCoreModule menjadi modul pada IIS setelah .NET Core SDK diinstall. Dari gambar di atas dapat dilihat IIS berperan sebagai front end proxy.

Semoga informasi ini bermanfaat untuk lebih mengenal ASP.NET Core application dan mengetahui perbedaannya jika dibandingkan dengan framework ASP.NET sebelumnya.

Got anything to say? Go ahead and leave a comment!

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Fotolia

Fotolia

ShutterStock


Fotolia
© 2013 eSevens
%d bloggers like this: