Bukit Langara | M Reza Faisal

reza

full-time(software-developer,lecturer); part-time(traveller, food-tester);

Bukit Langara

Apr 26, 2015 by     1 Comment     Posted under: I am Experience

Bagi yang suka jalan menanjak untuk sekedar mencari keringat dan membuat otot paha bekerja sepertinya Bukit Langara dapat menjadi salah satu tempat tujuan. Bukit Langara berlokasi di Pantai Ulin Desa Lumpangi Kecamatan Loksado, Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Kalimantan Selatan. Dari Banjarmasin (Kalimantan Selatan juga), diperlukan waktu sekitar 3 jam lebih.

blog01

Lokasi perberhentian pertama untuk mencapai Bukit Langara bisa berpatokan di Mesjid kecil (kalau tidak bisa disebut sebagai langgar atau mushola) tempat Kubah Habib Lumpangi.

blog02

Pengunjung yang membawa mobil bisa parkir di halaman mesjid ini.  Setelah itu dilanjutkan dengan jalan kaki ke arah belakang mesjid. Bagi yang membawa sepeda atau motor mungkin masih bisa menjalankan sampai ke Makam Habib Lumpangi.

Perjalanan masih santai sambil menikmati udara segar dan teduhnya hutan tropik dan juga terdengar suara air sungai yang mengalir di pinggir jalan setapak.  Sampai akhirnya bertemu dengan jembatan gantung.

DCIM\101GOPRO

Di ujung jembatan ini, dapat dilihat makam Habib Lumpangi. Sedangkan untuk menuju Bukit Langara, kita akan mengambil jalan setapak di sebelah kanan. Jalan setapak dari tanah ini kadang becek dan licin kalau hujan.  Setelah jalan santai, maka dari sini (gambar di bawah ini), jalan akan mulai menanjak. Jika memungkinkan dan mempermudah jalan menanjak, mungkin bisa menggunakan tali seperti yang kami lakukan.

DCIM\101GOPRO

Perjalanan menanjak ini tidak berhenti sampai puncak Bukit Langara, jadi harap bersabar dan berjuang :P Setelah jalan tanah yang menanjak, maka jalan tanah akan digantikan dengan batu tajam dan menanjak (juga).

DCIM\101GOPRO

blog06

blog07

Untuk melewati batu-batu ini terkadang kita harus berpegangan di batu-batu tersebut.  Karena batunya tajam, jadi ada baiknya pengunjung menggunakan sarung tangan yang tebal agar tangan tidak terluka. Berikut ini gambar-gambar bagian atas bukit ini yang didominasi oleh batu-batu tajam.

blog08

blog09

Spot yang paling menarik yang dapat dilihat dari atas Bukit Langara adalah spot berikut ini, dimana kita dapat melihat landscape dengan pemandangan seperti layaknya lukisan.

blog10

blog11

blog12

Dari awal perjalanan sampai ke puncak bukit ini tidak membutuhkan waktu yang lama, hanya sekitar kurang 30 menit. Hanya saja memang medannya berat perlu sepatu jangan high heel, perlu stamina yang bagus agar tetap tenang bernafas jadi tidak perlu berkunang-kunang di tengah perjalanan :P

1 Comment + Add Comment

  • nice,,, exotic (Y)

Got anything to say? Go ahead and leave a comment!

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Fotolia

Fotolia

ShutterStock


Fotolia
© 2013 eSevens
%d bloggers like this: