Setup Grove Starter Kit Plus pada Intel Galileo Gen 2 | M Reza Faisal

reza

full-time(software-developer,lecturer); part-time(traveller, food-tester);

Setup Grove Starter Kit Plus pada Intel Galileo Gen 2

Apr 19, 2015 by     No Comments    Posted under: I am Software Developer

Bagi yang ingin menjajal Intel Galileo Gen 2 untuk dipasang sensor-sensor dan membuat program untuk memanfaatkan semua itu, dan tidak ingin membeli sensor-sensor dan aksesoris pendukungnya (seperti kabel, sd card dll) secara “ketengan” maka bisa memanfaatkan Grove Starter Kit Plus untuk Intel Galileo Gen 2 ini. 

blog01

blog02

Loh tapi kok tulisannya malah Arduino? Sabar …. sabar Anda tidak salah beli. Denger2 apa yang ada dan bisa dilakukan di Arduino juga bisa digunakan di Intel Galileo #DengerDengerYa.

Isi dari starter kit ini bisa dilihat pada gambar di bawah ini.

blog03

Sensor-sensor dan aksesoris-aksesoris yang terlihat pada gambar itu adalah :

Grove – Buzzer
Grove – Button
Grove – LED
Grove – Rotary Angle
Grove – Sound Sensor
Grove – Smart Relay
Grove – Temperature
Grove – Touch Sensor
Grove – Light Sensor
Grove – Mini Servo
Grove – LCD RGB Backlight
8GB Micro SD Card with an SD Card Adapter
9V to Barrel Jack Adapter – 126mm
26 AWG Grove Cable
Micro USB Cable
Serial Cable
Ethernet Cable

Dan di balik LCD RGB Backlight itu bisa dilihat Base Shield v2 yang tersembunyi dibawahnya.

blog04

 

Base Shield v2 ini sangat penting, karena akan mempermudah kita untuk menggunakan sensor-sensor yang ada dengan mudah tanpa harus pusing “solder”. Base Shield ini akan menjadi “perantara” antara papan Intel Galileo dengan sensor yang ingin digunakan.

blog05

Caranya cukup dengan menyocokkan kaki-kaki pada base shield dengan lobang-lobang pin pada papan Intel Galileo, seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.

blog06

Dan nanti akan terlihat base shield akan berada di atas papan Intel Galileo seperti ini.

blog07

blog08

Tinggal tekan lebih dalam, maka base shield akan melekat dengan erat di papan Intel Galileo tersebut. Nah, sekarang terlihat untuk menghubungkan sensor tinggal menggunakan kabel AWG Grove dan hasilnya bisa dilihat pada gambar di bawah ini.

blog09

Mudah bukan?

Kemudian bagaimana kita tahu sedang pakai pin nomer berapa? Karena seperti pada posting di sini http://www.rezafaisal.net/?p=1751, untuk membuat program yang mengakses led diperlukan nomer pin agar bisa ditentukan di kode pemrograman. Nah untuk tahu sedang menggunakan pin nomer berapa, bisa dilihat pada gambar di bawah ini.

blog10

Dari gambar tersebut diketahui led hijau tersebut sedang menggunakan pin digital nomer 2. Sebagai informasi, pada papan Intel Galileo terdapat dua tipe pin, yaitu pin analog dan pin digital.  Nah, base shield grove ini telah menyediakan “colokan” untuk itu. Untuk mengakses pin analog telah disediakan “colokan” A0 sampai A3.  Sedang untuk mengakses pin digital telah disediakan colokan D2 sampai D8.

Nah karena digunakan pin digital nomer 2, maka di program yang sebelumnya di buat di http://www.rezafaisal.net/?p=1751, cukup dimodifikasi seperti berikut :

1 // Main.cpp : Defines the entry point for the console application. 2 // 3 4 #include "stdafx.h" 5 #include "arduino.h" 6 7 int _tmain(int argc, _TCHAR* argv[]) 8 { 9 return RunArduinoSketch(); 10 } 11 12 int led = 2; // This is the pin the LED is attached to. 13 14 void setup() 15 { 16 // TODO: Add your code here 17 18 pinMode(led, OUTPUT); // Configure the pin for OUTPUT so you can turn on the LED. 19 } 20 21 // the loop routine runs over and over again forever: 22 void loop() 23 { 24 // TODO: Add your code here 25 26 digitalWrite(led, LOW); // turn the LED off by making the voltage LOW 27 Log(L"LED OFF\n"); 28 delay(1000); // wait for a second 29 digitalWrite(led, HIGH); // turn the LED on by making the voltage HIGH 30 Log(L"LED ON\n"); 31 delay(1000); // wait for a second 32 }

Yaitu mengganti nilai led pada baris ke-12 dengan nilai 2. Dan setelah dikompilasi, dideploy, dan dieksekusi maka kembali led akan nge-blink setiap 1 detik. Mudah bukan?

Selamat mencoba.

Got anything to say? Go ahead and leave a comment!

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Fotolia

Fotolia

ShutterStock


Fotolia
© 2013 eSevens
%d bloggers like this: