30 Kuliner Tradisional Indonesia | M Reza Faisal

reza

full-time(software-developer,lecturer); part-time(traveller, food-tester);

30 Kuliner Tradisional Indonesia

Aug 6, 2014 by     No Comments    Posted under: I am Experience

Posting ini berdasarkan dari video dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif ini :

https://www.youtube.com/watch?v=mK5KYs-VK5s

Dari video ini selain presentasi makanan yang cantik juga dijelaskan dengan detail dari nama makanan, bumbu dan bahan. Setiap makanan tradisional ini dijelaskan dengan paling tidak 3 penjelasan mengenai fungsi makanan dan isinya :P

Posting ini bertujuan sebagai referensi kuliner untuk diri sendiri jika suatu saat berkunjung ke satu daerah di Indonesia. Posting ini juga dapat dianggap sebagai bucket list kuliner khas Indonesia (untuk diri sendiri juga tentunya) :P

Mari kita mulai dari menu pertama :)

1. Tumpeng

Menu yang satu ini biasanya hadir saat ada perayaan, bisa ulang tahu, bisa sunatan, atau selametan akan sesuatu yang ingin diselametin oleh seseorang (penjelasan yang …. ah sudah lah). Nasi tumpeng yang dilihat ini adalah nasi kuning yang dikelilingi oleh lauk dan sayuran sebagai pelengkap.

01

02

{status : SUDAH }

2. Ayam Panggang Bumbu Rujak Yogyakarta

Ayam panggang sudah mesti dibakar, dan setiap daerah di dunia ini pasti tidak asing dengan panggangan/bakaran seperti ini. Yang membedakan biasanya hanya nama atau bumbunya. Seperti yang satu ini, ayam panggang bumbu rujak khas Yogyakarta

03

Nah menu yang satu ini sepertinya harus jadi tujuan saat suatu saat berkunjung ke Yogyakarta.

{status : BELUM}

3. Gado-Gado Jakarta

Gado-gado sebenarnya dapat ditemui di semua daerah di Indonesia. Tapi memang kadang ada perbedaan antara gado-gado di daerah A dengan gado-gado di daerah B. Perbedaannya biasanya dari isi yang ada di gado-gado tersebut. Tapi secara umum gado-gado berisi atas 4 elemen utama yaitu : nasi yang berbentuk lontong (hehe), sayuran dan lauk yang bisa berupa telor, tahu atau tempe bahkan ada juga yang ditambahkan cingur. Dan elemen terakhir adalah saos/sambal kacang, nah elemen ini biasanya selalu ada pada gado-gado walau kadang ada yang dicampur dengan petis, kentang (pernah ketemu campuran kentang saat menikmati gado-gado di Bandung) atau yang lain.

Kalau sayuran pada gado-gado terkadang akan berbeda-beda di setiap daerah. Kada cuma hanya ada taoge (sengaja tidak menulis toge agar tidak disalah artikan atau dipelintir media #eh). Kadang ada kangkung, taoge, dll.

04

{status : SUDAH}

4. Nasi Goreng Kampung

05

Tidak perlu penjelasan banyak untuk menu yang satu ini. Siapa yang tidak kenal nasi goreng.

{status : SUDAH}

5. Serabi Bandung

06

Seperti halnya gado-gado, serabi juga mempunyai varian pada masing-masing daerah di Indonesia. Serabi Bandung, biasanya berbentuk mungil dan tebal, dengan rasa dan toping yang bermacam-macam. Walau yang biasa ditemui di Bandung adalah toping oncom dan dimakan tanpa perlu saos manis seperti gambar di atas. Serabi yang juga terkenal lainnya adalah serabi Notosuman khas Solo. Sedangkan kalau di Kalimantan Selatan, serabi biasanya dinikmati dengan gula merah encer.

{status : SUDAH}

6. Sarikayo Minangkabau

Nah menu yang satu ini baru dengar dan baru lihat. Dari penjelasannya seperti ini kue khas saat bulan puasa Ramadhan atau lebaran. Dan pastinya rasanya manis.

07

{status : BELUM}

7. Es Dawet Ayu Banjarnegara

08

09

Ada yang bilang es dawet, ada yang bilang es cendol. Dan sepertinya untuk setiap daerah di Indonesia cendol selalu dinikmati dengan santan dan gula merah kental. Walau kadang ada beberapa garnis sebagai hiasan dan pelengkap. Sebagai contoh cendol elizabeth di Simpang Dago, Bandung menambahkan irisan nangka yang membuat sensasi menikmati cendol lebih nikmat dan berbeda #halah.

Memang belum pernah menikmati es dawet Ayu Banjarnegara ini, tapi sepertinya es dawet dan cendol akan sama saja

{status : SUDAH}

8. Urap Sayuran Yogyakarta

10

Inti dari urap adalah :

Urap = Sayuran + Parutan Kelapa berbumbu.

Sayurannya yang lajin ditemui pada urap adalah potongan taoge, kacang panjang yang telah dipotong-potong, kol dll. Kalau di Bandung pernah ditemui juga urap dengan sayuran langka seperti Kecombrang (penjualnya ada di Mesjid LIPI, Cisitu, Bandung yang hanya berjualan saat waktu Jumatan). Parutan kelapa yang telah diberi pewarna alami, biasanya kunyit agar berwarna kuning.

11

Sama seperti menu sebelumnya, walau belum pernah coba urap sayuran Yogyakarta ini, dipastikan urap itu akan sama dengan urap yang ada di daerah lain.

{status : SUDAH}

9. Sayur Nangka Kapau

Nah menu yang satu ini juga baru denger, walau dari penampakan dan penjelasannya sepertinya dengan sayur nangka di warung padang (ya iya lah namanya juga sayur nangka Kapau :P).

12

13

{status : SUDAH}

10. Lunpia Semarang

14

Entah lunpia atau lumpia yang benar. Lunpia ini adalah cemilan yang sangat cocok dinikmati dengan teh hangat manis. Lunpia biasanya berisi rebung muda, telor, ayam atau udang. Digulung dengan kulit lumpia dan digoreng.

{status : SUDAH}

11. Nagasari Yogyakarta

Kue nagasari ini ada disemua daerah di Indonesia sepertinya, dengan nama yang mungkin berbeda. Di Kalimantan Selatan kue ini sering disebut Pais Pisang. Kue ini adalah tepung yang berisi pisang yang dibungkus daun pisang kemudian dikukus.

15

16

{status : SUDAH}

12. Kue Lumpur Jakarta

17

Ah ini sih apem #eh …. kalau di Kalimantan Selatan mungkin bisa disamakan dengan roti pisang. Adonan tepung, gula, telor dan santan yang sepertinya diletakkan pada tempat bulan kemudian “dipanaskan” di atas api :P

{status : SUDAH}

13. Soto Ayam Lamongan

18

Bahan-bahannya bisa dilihat di penjelasan di bawah ini. Biasanya yang membedakan soto lamongan dengan soto lainnya adalah tambahan koya yang bisa membuat kuahnya lebih lezat :P

19

20

{status : SUDAH}

14. Rawon Surabaya

21

Walau namanya Rawon Surabaya, tapi semua rawon yang ada di daerah Indonesia pasti akan seperti ini. Rebusan daging yang dipotong dadu-dadu, berkuah, bertaoge dan lebih lengkap lagi jika ada telor asin. Tapi memang rawon yang enak itu adanya di Jawa Timur. Yang paling cocok di lidah adalah Rawon Nguling dan rawon di desa Ranu Pane yang disantap setelah turun dari Ranu Kumbolo :P

22

{status : SUDAH}

15. Asinan Jakarta

23

Nah yang ini belum pernah coba di Jakarta, seperti pada kesempatan ke Jakarta nanti harus mencari ini :)

{status : BELUM}

16. Sate Ayam Madura

Tidak perlu penjelasan panjang … INI SATE!!! Kalau bule bilang BBQ :P

24

Dan tentunya harus dinikmati dengan sambal kacang seperti ini :P

25

{status : SUDAH}

17. Sate Maranggi Purwakarta

Biasanya sate maranggi adalah sate daging sapi. Dan dinikmatinya cukup dengan kecap manis tanpa sambal kacang seperti sate di lapak atas. Kalau di Bandung dapat dengan mudah mencari sate jenis ini. Sate maranggi di Bogor juga mantap (lupa nama tempatnya).

26

{status : SUDAH}

18. Klappertart Manado

Kue ini sudah meng-Indonesia, artinya kue ini sudah bisa dinikmati walau tanpa harus ke Manado. Di Banjarmasin ada, begitu juga di Bandung yang mungkin terkenal dengan Den Haag Klappertart.

27

28

Anggap aja ini sudah dinikmati, tapi suatu saat memang harus ke Manado untuk mengikmati kue ini :P

{status : SUDAH}

19. Tahu Telor Surabaya

Walau tidak mencoba ini di Surabaya, tapi sudah menikmatinya di Malang dengan saos petis tentunya :P

29

{status : SUDAH}

20. Sate Lilit Bali

Nah ini bentuk lain dari sate, bukan ditusuk tapi dililit. Biasanya pakai lidi atau bambu tapi dagingnya dililit di batang lemon grass (sok bule heheh).

30

31

{status : SUDAH}

21. Rendang

32

Di semua daerah sudah pasti ada rumah makan padang, dan otomatis pasti ada menu ini : RENDANG!!! Bahkan sekarang rendang sudah ada dalam kemasan kaleng yang tahan lama, cocok buat orang-orang perantauan yang tinggal di luar Indonesia :)

{status : SUDAH}

22. Orak Arik Buncis Solo

Belum pernah ke Solo, tapi sepertinya orak arik seperti ini akan dapat dengan gampang ditemui di daerah lain. PASTI!! :P Contohnya aja kalau lagi berada di Bandung bisa bertemu dengan sayur buncis ini di Nasi Kalong :P

33

Tapi anggap saja belum pernah menikmati ini karena belum pernah ke Solo :)

{status : BELUM}

23. Pindang Patin Pelembang

Nah menu ini baru dengar dan baru melihat juga, dan harus masuk ke menu yang harus dikejar saat berkunjung ke Palembang. Dari penjelasannya sepertinya akan tidak jauh dengan tom yam yang asam dan pedas. Segar!!

35

{status : BELUM}

24. Nasi Liwet Solo

Kalau nasi liwet di Bandung sudah pernah coba berkali, nah sepertinya kalau ke Solo juga mesti coba nasi liwet khas daerah ini. Mungkin juga akan cocok jika dinikmati dengan orak arik buncis :P

36

{status : BELUM}

25. Es Bir Pletok Jakarta

Namanya saja yang pakai kata BIR, tapi ini bukan minuman beralkohol. Bir ini terdiri atas rempah-rempah dan herbal seperti jahe, kayu manis, gula, pandan, bunga basil (bahas Indonesianya apa ya?). Ini juga baru dengar dan baru lihat.

37

{status : BELUM}

26. Kolak Pisang Ubi Bandung

38

Kalau bicara kolak di Bandung, yang paling enak tentu saja kolak di Simpang Dago yang hanya dijual saat bulan puasa di sore hari.

{status : SUDAH}

27. Ayam Goreng Lengkuas Bandung

Ini ayam goreng biasa temans!! :P

39

{status : SUDAH}

28. Laksa Bogor

40

Sepertinya harus coba ini saat ke Bogor nanti :)

{status : BELUM}

29. Kunyit Asam Solo

Nah sudah 3 menu Solo yang belum dicoba, termasuk ini. Ini pertanda harus segera cari tiket ke Solo :)

41

{status : BELUM}

30. Asam Padeh Tongkol Padang

42

43

Karena rumah makan padang ada dimana-mana, artinya sudah coba ini juga lah. Walau jarang ditemui. Tapi sepertinya memang harus coba ini langsung di Padang. Jadi anggap saja ini belum dinikmati :)

{status : BELUM}

Penutup

Nah dari 30 menu di atas, pasti tidak semua mencakup semua kuliner khas daerah-daerah di Indonesia yang luas ini. Sebagai contoh tidak ada menu-menu berikut ini yang disebutkan di atas :

  • Gudeg.
  • Karedok.
  • Soto Banjar (halah…teteup).
  • Siput Gonggong Bakar Batam.
  • Gangan Ikan Masak Kuning Belitung.
  • Sayur Asam Betawi, Soto Betawi.
  • dan lain-lain.

Got anything to say? Go ahead and leave a comment!

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Fotolia

Fotolia

ShutterStock


Fotolia
© 2013 eSevens
%d bloggers like this: