Akses ASP.NET web via jalur HTTPS pada IIS Express | M Reza Faisal

reza

full-time(software-developer,lecturer); part-time(traveller, food-tester);

Akses ASP.NET web via jalur HTTPS pada IIS Express

Mar 18, 2014 by     2 Comments    Posted under: I am Software Developer, Uncategorized

Pada Visual Studio 2013 telah menggunakan IIS Express sebagai web server default. Dan secara default juga, jika kita menjalankan (view in browser) halaman web yang tengah dibuat, maka IIS Express akan menggunakan jalur HTTP sebagai aksesnya.  Hal itu dapat dilihat window IIS Express seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.

blog1

Terkadang kita ingin melakukan uji coba aplikasi web pada jaluar HTTPS untuk suatu tujuan, maka kita terlebih dahulu harus mengaktifkannya.  Cara untuk mengaktifkan hal ini adalah dengan cara memilih project web pada area Solution Explorer, kemudian pada area Properties berikan nilai True pada atribut SSL Enabled.

blog2

Sekarang pada window IIS Express dapat dilihat terdapat dua jalur yang bisa digunakan untuk mengakses aplikasi web yang terdapat pada project.

image

Pada daftar tersebut selain berbedaan jalur antara HTTP dan HTTPS, juga terdapat berbedaan port yang digunakan untuk akses.

Dengan mengakses url https://localhost:44300 pada web browser maka kita akan melihat terlebih dahulu tampilan seperti berikut ini.

blog3

Hal ini biasa terjadi, karena jalur HTTPS yang sedang diakses dianggap “berbahaya” karena tidak memiliki security certificate yang “benar” :)

Karena kita yakin akan keamanan web tersebut (ya iya lah, kan kita sendiri yang membuatnya), maka kita tinggal klik link “Continue to this website (not recommended).”. Dan dapat dilihat halaman web yang dibuat pada jaluar HTTPS seperti gambar berikut ini.

blog4

Tentu saja dapat terlihat “tanda merah” pada input url sebagai tanda peringatan “bahaya yang mungkin mengancam” Smile

2 Comments + Add Comment

Got anything to say? Go ahead and leave a comment!

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Fotolia

Fotolia

ShutterStock


Fotolia
© 2013 eSevens
%d bloggers like this: